ISB Atma Luhur Pangkalpinang

Tips Jitu Untuk Menghindari Cyber Crime di Dunia Maya

Cyber-crime menjadi ancaman tersendiri bagi pengguna komputer maupun internet. Tak sedikit kejahatan cyber yang merugikan pengguna komputer maupun gadget lainnya. Oleh karena itu, kita selaku pengguna harus lebih waspada dan berhati-hati terhadap kejahatan di dunia maya ini. Saat ini banyak sekali jebakan cyber di dunia maya yang menyebarkan virus melalui email serta mencuri informasi pengguna internet. Biasanya kejahatan cyber sendiri, menjebak para pengguna untuk mengklik link maupun membuka lampiran email yang dikirim. Hal ini yang biasa kita sebut sebagai phising.

Jebakan cyber atau phising ini tak hanya menyebarkan virus ke perangkat komputer saja tetapi juga dengan cara mencuri identitas pengguna komputer. Anda tidak ingin menjadi korban selanjutnya, bukan? Untuk itu, Anda perlu mengikuti tips jitu agar tak menjadi korban cyber-crime selanjutnya, sebagai berikut ini:

1. Waspada membuka email

Agar Anda tak menjadi korban cyber crime sebaiknya waspada terhadap email yang masuk dari orang tak dikenal. Sebaiknya, Anda menggunakan software anti-virus agar akun Anda terproteksi dengan aman. Anda juga bisa meningkatkan filter email Anda agar memblokir segala ancaman atau jebakan cyber. Jangan sembarangan membuka email yang tidak diketahui nama pengirimnya, apalagi jika sampai mengirim lampiran email.

2. Perhatikan secara detail rincian email yang dikirim

Anda jangan mudah percaya dengan email yang masuk ke akun Anda dalam bentuk sebuah link atau logo tertentu. Dikarenakan, segala jenis karakteristik, logo, warna dan lain sebagainya dari sebuah organisasi bisa dengan mudah untuk ditiru. Para penjahat cyber ini sangat mudah mengoceh Anda dengan sebuah link yang sama persis dengan sebuah organisasi aslinya, dengan nama pengirim email yang palsu.

3. Jangan terlalu mudah membagi informasi

Jangan lupa, untuk tidak mengungkapkan informasi pribadi yang bersifat sangat sensitif dalam email Anda. Jika ada email masuk yang menanyakan informasi data diri Anda dari orang tak dikenal, sebaiknya tidak usah direspon. Apalagi, jika isi email berupa sebuah instruksi seperti ‘klik link ini’ atau semacamnya.

Jika perlu, Anda harus memastikan email yang dikirim dengan cara menghubungi pihak pengirim secara langsung. Misalnya dengan menghubungi sebuah perusahaan atau organisasi aslinya. Carilah informasi perusahaan aslinya berdasarkan browsing di internet dan bukan menghubungi kontak yang tertera di email Anda. Dengan ini, maka Anda bisa mengetahui keaslian email yang dikirim oleh pihak tertentu tersebut.

4. Bersihkan perangkat komputer atau gadget Anda

Jadilah pengguna yang cerdas, dengan menggunakan sistem operasi, web browser, anti-virus dan berbagai aplikasi versi terbaru lainnya. Hal ini untuk mencegah masuknya malware, spyware maupun virus.

Nah, itulah 4 tips jitu untuk menghindari cybercrime di dunia maya. Semoga bermanfaat untuk Anda!

Sumber : http://teknopopuler.com/tips-trik/tips-jitu-untuk-menghindari-cyber-crime-di-dunia-maya.html/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *