ISB Atma Luhur Pangkalpinang

Design Rumah 3D dengan Google Sketchup untuk tambah pengasilan dari 1 juta hingga puluhan juta rupiah

Mau Cari penghasilan diluar gaji anda sebagai karyawan… 1 juta hingga puluhan juta rupiah. dalam waktu singkat.. ikuti dan baca artikel berikut :

Pada artikel sebelumnya yaituBelajar Desain 3 Dimensi Dengan Google Sketchuptelah kami jelaskan mengenai cara menginstal google sketchup dan plugin V-Ray. Pada kesempatan kali ini kita akan mencoba bersama – sama untuk mempraktekan apa yang sudah kita jelaskan sebelumnya. Baiklah, langsung saja ikuti segmen – segmen dibawah ini Pada umumnya pada setiap mendesain sebuah rumah maupun bangunan tempat tinggal lainnya adalah menentukan jumlah ruangan yang ada didalamnya seperti kamar tidur, toilet, ruang tamu, ruang keluarga, dapur, garasi, mushola, dan lain – lain. Konsep tersebut akan coba kita praktekan seperti dibawah ini. Disini saya akan mencoba membuat sebuah denah rumah sederhana dengan ruanagan – ruangan sebagai berikut :
Ruang Tidur : 1 Ruangan
Ruang Keluarga + Ruang Makan 1 Ruangan
Kamar Tidur : 2 Ruangan
Toilet : 1 Unit
Dapur : 1 Unit
Denah ruangan tersebut akan saya coba terapkan pada lahan tanah berukuran 6m x 12 m atau 72m². Pertama yang saya lakukan adalah membuat konsep denah rumah pada auto cad. Seperti dibawah ini :

denah rumah

Sengaja saya buat sederhana agar, karena tujuan saya agar mudah diterapkan pada desain 3 dimensinya. Setelah konsep denah selesai dibuat jalankan program google sketcup pada komputer Anda. Dan buatlah denah yang sama pada google sketchup tersebut, hingga seperti dibawah ini :

Design1

Setelah denah terbentuk seperti gambar diatas, kita harus merubah sudut padang kita dari top menjadi persepektif atau yang lainnya dengan klik orbit terus putar sesuai keinginan anda. Hingga seperti dibawah ini :

Design2

Langkah selanjutnya adalah membuat ketinggian dinding, akan tetapi agar dinding menjadi satu kesatuan anda harus menghapus garis batas antar dinding disetiap sudut. Untuk dinding yang berbeda elevasinya atau ketinggian biarkan tetap ada garis batasnya.

Design4

Setelah selesai klik ikon push/pull atau ketik langsung “P” pada keyboard. Klik 1x pada dinding yang akan ditinggikan, lalu geser kearah atas ketik ketinggiannya, misal 3000mm atau 3 meter ketik “3000” lalu enter. Maka akan terbentuk seperti dibawah ini :

Design5

Sekarang saatnya membuat lubang pintu dan jendela. Ketik “R” klik pada awal titik lubang pintu, masukkan ukuran lubangnya, misal ukuran pintu 2150 x 900, ketik “2150;900” atau “2150,900”. Setelah terbentuk garis lubang lalu ketik “P” arahkan ke dalam atau ketik “-150” sesuai ketebalan dinding yang akan dilubangi.

Design6

Design7

Untuk pintu dan jendela lainnya caranya sama dengan membuat lubang diatas. Demikian tehnik dasar pertama yang kami sampaikan. Bersambung ke artikel berikutnya..

untuk lebih jelasnya silahkan Klik Tutorial sebagai berikut : Disini

Ini.. adalah Proyek Design Rumah yang pernah saya kerjakan.. dengan budget Rp. 10 juta  dalam waktu 2 minggu saja.. untuk itu bagi teman-teman .. yang mau mengembangkan bakat sekalian cari penghasilan.. silahkan BELAJAR…. Trims

Design8Design9Design10

6 Comments to Design Rumah 3D dengan Google Sketchup untuk tambah pengasilan dari 1 juta hingga puluhan juta rupiah

  1. suwandiatmaluhur berkata:

    lumayan buat tambahan penghasilan silahkan coba…

  2. Fariz Zahari berkata:

    Mantap Bang …

  3. SEPTIMA 1422520055 berkata:

    Kerennn

  4. triyanto berkata:

    Mantap,,silahkan dicoba

  5. najib berkata:

    Wahhh. Bisa ajarkan nggak ya…

  6. najib berkata:

    Bisa minta no hpnya nggak ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *