ISB Atma Luhur Pangkalpinang

Tutorial Cara Merakit Komputer Yang Terlengkap Dan Gambar Terbaru

Belia indrie noviyanti 1322500053 SI REKWEB

Langkah Demi Langkah Merakit Komputer. Berikut ini akan dibahas mengenai bagaimana cara merakit komputer, terutama bagi mereka yang baru belajar .. dari beberapa referensi yang saya pelajari .. maka berikut ini akan dijelaskan langkah demi langkah cara merakit komputer, mudah-mudahan bermanfaat .. Red. deden Komponen perakit komputer tersedia di pasaran dengan beragam pilihan kualitas dan harga. Dengan merakit sendiri komputer, kita dapat menentukan jenis komponen, kemampuan serta fasilitas dari komputer sesuai kebutuhan.Tahapan dalam perakitan komputer terdiri dari: A. Persiapan B. Perakitan C. Pengujian D. Penanganan Masalah Persiapan Persiapan yang baik akan memudahkan dalam perakitan komputer serta menghindari permasalahan yang mungkin timbul.Hal yang terkait dalam persiapan meliputi: Penentuan Konfigurasi Komputer Persiapan Kompunen dan perlengkapan Pengamanan Penentuan Konfigurasi Komputer Konfigurasi komputer berkait dengan penentuan jenis komponen dan fitur dari komputer serta bagaimana seluruh komponen dapat bekerja sebagai sebuah sistem komputer sesuai keinginan kita.Penentuan komponen dimulai dari jenis prosessor, motherboard, lalu komponen lainnya. Faktor kesesuaian atau kompatibilitas dari komponen terhadap motherboard harus diperhatikan, karena setiap jenis motherboard mendukung jenis prosessor, modul memori, port dan I/O bus yang berbeda-beda. Persiapan Komponen dan Perlengkapan Komponen komputer beserta perlengkapan untuk perakitan dipersiapkan untuk perakitan dipersiapkan lebih dulu untuk memudahkan perakitan. Perlengkapan yang disiapkan terdiri dari: Komponen komputer Kelengkapan komponen seperti kabel, sekerup, jumper, baut dan sebagainya Buku manual dan referensi dari komponen Alat bantu berupa obeng pipih dan philips Software sistem operasi, device driver dan program aplikasi.

Langkah untuk marakit komputer :
1. Memasang Processor ke Motherboard
Di usahakan langkah ini diawali sebelum memasang cassing, agar pemasangannya lebih mudah.
– Anda lihat dan tentukan dulu posisi pin 1 prosessor dan socket prosessor di motherboard. Biasanya posisinya berada di pojok dengan tanda titik atau lekukan
– Angkat pengunci socketagar bisa dibuka .
– Letakkan posisi kaki sesuai tempatnya dan anda tekan hingga rapat.
– Tutup lagi dengan tuas pengunci.

memasang-processor

2.  Memasang Motherboard
Untuk pemasangan Motherboard pada cassing letakkan motherboard pada tray casing dan sesuaikan lubang antara casing dan lubang motherboard. kemudian anda tutup kembali dan kunci menggunakan scrup.

memasang-motherboard-ke-casing

3. Memasang Heatsink
Jika sudah processor dipasang, kemudian pasang heatsinkagar processor tidak terjadi panas berlebihan. letakkan pada atas processor terus anda beri penahansupaya tidak lepas. Sebelum itu anda lapisi heatsink dengan gel penghantar panas.Apabila heatsink kalian ada kipasnya/fan maka konektor power pada kipas/fan hubungkan ke motherboard.

memasang-heatsink

4.  Memasang RAM / Memori
Untuk cara pemasangan ini adalah : Anda buka tuas pengunci, tempatkan posisi lekukan yang sesuai pada modul memori dengan lekukan pada slot, jika sudah tepat anda tekan dan anda pasang kembali tuas pengunci RAM / memori.memasang-memory-ram

5. Memasang Power Supply
Umumnya jika membeli casing pasti power supply sudah terpasang. jika andamebeli tapi power supply belum terpasangang ini caranya :
– Letakkan power supply pada tempatnya yang ada dibelakang casing, kemudian anda kunci dengan scrup.
– Pasang konektor power dari power supply ke motherboard berikut kabel-kabelnya.

memasang-power-supply

6. Memasang Kabel Motherboard dan Casing
– Pasang kabel konektor IDE primary dan secondary pada motherboard.
– Untuk motherboard non ATX, pasang kabel port serial dan pararel pada konektor di motherboard.
– Pada bagian belakang casing terdapat lubang untuk memasang port tambahan jenis non slot. Buka sekerup pengunci pelat tertutup lubang port lalumasukkan port konektor yang ingin dipasang dan pasang sekerup kembali.
– Hubungkan kabel konektor mouse dan keyboard pada motherboard.
– Hubungan kabel konektor yang lainnya seperti LED, speaker internal dan port yang tersedia di casing komputer.

Memasang-Kabel-Motherboard-Casing

7. Memasang Drive
Untuk memasang drive seperti harddisk, CD-ROM/DVD-ROM caranya yaitu :
– Masukkan drive dari depan casing. Atur dulu settingan jumper (sebagai master atau slave) pada drive, lalu pasang sekrup supaya drive tidak lepas.
– Hubungkan konektor kabel IDE ke drive dan konektor di motherboard (konektor primer yang dipakai lebih dulu)
– Apabila kabel IDE terhubung pada 2 (dua) drive, setting jumpernya yaitu drive pertama disetting sebagai master dan satunya lagi sebagai slave.
– Dan konektor IDE sekunder pada motherboard dapat dipakai untuk menghubungkan dua drive tambahan.
– Sambungkan kabel power dari catu daya pada masing-masing drive.

memasang+drive

8. Memasang Card Adapter
Card Adapter dipasang dipasang adalah sound, video card, modem dan SCSI adapter. Untuk pemasangannya ini : masukkan Card Adapter pada slot yang tersedia di motherboard, lalu tekan sampai konektor benar-benar masuk, kemudian beri sekrup sebagai penahan card.

Memasang-Adapter

9. Cara tarakhir prakitanya.
Langakah perakitan komputer sudah selesai. kemudian anda tutup kembali casing dengan scrup. Hubungkan kabel dari catu daya ke soket dinding dan juga hubungkan konektor monitor ke port video card, konektor kabel keyboard dan konektor mouse ke port mouse.

Selanjutnya silakan anda mencobanya sendiri….

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *