ISB Atma Luhur Pangkalpinang

MEMBUAT EFEK LUKISAN CAT AIR DI PHOTOSHOP

Untuk kamu yang suka atau sedang belajar desain grafis, mungkin kamu biasa menggunakan Photoshop dibandingkan software lain. Photoshop banyak digunakan untuk mereka yang coba-coba membuat karya desain grafis. Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan menampilkan sedikit hal tentang photoshop, MEMBUAT EFEK LUKISAN CAT AIR DI PHOTOSHOP. Selamat mempelajari.

 

Langkah 1

Kamu bisa gunakan foto apapun yang kamu mau. Namun, dalam tutorial kali ini kita akan menggunakan foto salah satu wanita cantik berdarah barat. hehehe

langkah 1

 

Langkah 2

Terlebih dahulu, kamu harus menduplikasi layer background hingga 3 layer. Kamu bisa klik kanan pada layer backgound dan pilih Duplicate Layer atau di menu layer background kamu bisa menekan CTRL + J sebanyak 3 kali.

 

Langkah 3

Sembunyikan ikon gambar mata pada layer 1 copy dan layer 1 copy 2.

langkah 3

 

Langkah 4

Pilih layer 1 kemudian pada menu bar, pilih Filter > Artistic > Cutout. Atur nilai Cutout window, Number of Levels = 6, Edge Simplicity = 5, Edge Fidelity = 2, kemudian OK. Pada layer 1 ubah blending mode ke Luminosity.

langkah 4 (a)

langkah 4 (b)

 

Langkah 5

Setelah menghilangkan ikon mata di layer 1, kini kamu harus meng-kliknya lagi untuk memunculkan ikon mata tersebut. Pilih layer 1 copy pilih Filter > Artistic > Dry Brush. Atur nilai dari Brush Size = 7, Brush Detail = 7, dan Texture = 3, lalu OK. Pada layer  copy, ubahblending mode menjadi Screen.

langkah 5 (a)

langkah 5 (b)

Langkah 6

Kini saatnya untuk memunculkan kembali layer 1 copy 2 yang sempat kamu sembunyikan dengan meng-klik ikon mata di samping.  Pilih layer 1 copy 2 lalu Pilih Filter > Noise > Median, beri nilai Radius menjadi 12, lalu klik OK. Pada layer 1 copy 2, ubah blending modemenjadi softlight.

langkah 6 (a)

langkah 6 (b)

 

Langkah 7

Tekan shift kemudian pilih layer 1, layer 1 copy, dan layer 1 copy 2 untuk menyeleksi. Kemudian klik kanan dan pilih Merge Layers — di mana berfungsi untuk menggabungkannya menjadi satu layer.

langkah 7

Langkah 8

Saat ini, kamu memerlukan watercolor brush, yang dapat di-download di sini. Jika sudah, Aktifkan Brushes tool (B), dan load brush yang baru saja di-download.

langkah 8

Langkah 9

Buat layer baru kemudian gunakan brushes tool (B) lalu ambil salah satu watercolor brushdan sapukan pada kanvas. Pastikan warna foreground adalah putih agar brush yang disapukan juga berwarna putih.

langkah 9

 

Langkah 10

Duplikat layer 1 sebanyak 3 kali dan posisikan ketiganya sama persis dengan gambar di bawah. Kemudian pilih ketiga layer tersebut lalu klik kanan dan pilih Merge Layers.

langkah 10

Langkah 11

Untuk mengambil seleksi dari brush, tekan Ctrl lalu klik pada thumbnail layer 1 copy 3. Klikikon mata untuk menyembunyikan layer tersebut jika sudah diseleksi. kemudian pilih layer 1 copy 2, lalu klik ikon Add layer mask di bagian bawah layer palette.

langkah 11

 

Langkah 12

Dengan menggunakan Paint Bucket Tool, warnai layer Background dengan warna putih.

langkah 12

Langkah 13

Langkah terakhir adalah membuat layer baru di atas layer Background. Dengan menggunakan brushes tool, sapukan beberapa watercolor brushes dan jangan lupa gunakan imajinasimu untuk hasil yang lebih baik.

langkah 13 

Hasil akhir kira-kira seperti ini.

 hasil akhir

Selamat mencoba guys. Semoga berkenan dan bermanfaat.

sumber : http://www.idseducation.com

 

 

2445 Total Views 1 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 + 17 =