ISB Atma Luhur Pangkalpinang

Menjalankan MapInfo Professional

Pada Kesempatan kali ini, saya akan membahas tata cara dalam menjalan MapInfo Profesional untuk pertama kali nya. Untuk menjalankan MI Pro, berturut-turut pilih Start – Programs – MapInfo – MapInfo Professional 7.0, seperti pada gambar berikut.

Bila berhasil dijalankan, tampilan MI Pro saat pertama kali diaktifkan adalah sebagai berikut.

Gambar 1.2. Tampilan MI Pro saat pertama kali dijalankan.

Gambar 1.2. Tampilan MI Pro saat pertama kali dijalankan.

Penjelasan masing-masing komponen dari tampilan MI Pro di atas adalah sebagai berikut :

1. Baris judul dibagian kiri terdapat tulisan MapInfo Profesional, dan dibagian kanan berisikan tombol minimize, restore/maximize, dan close. Minimize berfungsi untuk menonaktifkan sementara MI Pro dan ditempatkan pada taskbar Microsoft Windows. Restore/maximize digunakan untuk mengubah ukuran window MI Pro, dan Close untuk menutup MI Pro.

2. Baris menu berisikan menu full down yang dapat digunakan sebagai interface antara pemakai dan MI Pro. Semua kegiatan MI Pro seperti input data, menampilkan data, analisis dll. dapat dilakukan melalui menu. Jumlah dan macam menu yang tampil pada setiap kegiatan berbeda-beda tergantung dari jenis kegiatan yang sedang dilakukan. Misalnya pada saat window peta muncul dilayar, maka menu Map yang tampil. Bila window browser yang aktif, menu Map akan digantikan dengan menu Browse.

3. Toolbar merupakan ringkasan menu. Satu item toolbar mewakili satu kegiatan (satu modul) MI Pro. Pada saat MI Pro pertama kali diaktifkan, toolbar diletakkan di bagian kanan layar dengan posisi mengambang (floating). Namun kadang kala letak toolbar pada posisi ini dapat mengganggu tampilan data. Untuk itu, kita dapat memindahkan poisisi toolbar tersebut di bawah baris menu dengan cara memilih menu Options, kemudian dilanjutkan dengan mengklik submenu Toolbars, kotak dialog berikut akan muncul :

Gambar 1.3. Kotak dialog Toolbar Option.

Gambar 1.3. Kotak dialog Toolbar Option.

Hilangkan semua tanda cek di bawah Floating dengan mengklik pada kotak cek, kemudian aktifkan kotak cek Save as Default agar pengaturan ini tetap digunakan bilamana kita membuka program MI Pro berikutnya. Pilih OK untuk menggunakan pengaturan setting toolbar yang telah dibuat dan keluar dari kota dialog ini. Tampilan MI Pro sekarang akan nampak seperti pada potongan gambar di bawah ini.

image005

Gambar 1.4. Toolbar yang tersedia pada MI Pro.

MI Pro menyediakan 5 kelompok toolbar diantaranya standard toolbar, main toolbar, drawing toolbar, Tools toolbar, dan DBMS toolbar.

4. Dialog pembuka meminta inputan kepada kita, data mana yang akan diaktifkan dan di tampilkan dilayar. Kotak dialog ini selalu muncul saat MI Pro dijalankan. Bila anda tidak menginginkan kotak dialog tersebut selalu diaktifkan saat MI Pro dibuka, maka pilihkan menu Option, Preferences, kotak dialog preferences akan tampil, pilih Startup, hilangkan tanda cek pada Display Quick Start Dialog, lalu klik OK.

Gambar 1.5. Kotak dialog (a) Prefrences

Gambar 1.5. Kotak dialog (a) Prefrences

Gambar 1.6. Kotak dialog(b) Startup Preference.

Gambar 1.6. Kotak dialog(b) Startup Preference.

5. Baris status menampilkan informasi yang relevan dengan kegiatan yang sedang dilakukan. Baris status dapat dinonaktifkan melalui menu Options, Hide Status Bar.

Sumber : http://gis.nuarsa.info/?id=130

Nama : Rizqi Purnama
NIM : 1211500051
Kelompok : TT
Matakuliah : Sistem Informasi Geografis
Gasala 2015/2016

5276 Total Views 1 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × 3 =