ISB Atma Luhur Pangkalpinang

Tutorial Implementasi MapWindowsGIS di VB.Net 2005 Dengan C#

Hello Friends, kali ini saya akan membahas sebuah tutorial tentang Sistem Informasi Geografis yang judulnya Pemrograman MapWindowsGIS Menggunakan C#. Sebelum membahas lebih dalam, kita bahas terlebih dahulu apa itu MapWindowsGIS. 

 

MapWindowsGIS adalah salah satu perangkat lunak opensource dan komponen pemrograman berbasis GIS yang diadopsi oleh Environtmental Protection Agency (EPA)Amerika Serikat sebagai platform GIS utama program BASINS (Better Assesment ScienceIntegrating Point and Non-point Sources). Nah, aplikasi ini merupakan aplikasi FREE alias gratis tanpa harus membayar sepeserpun untuk licensenya dan juga open source.

Core bagi komponen MapWindow adalah ActiveX control yaitu MapWinGIS.ocx. Komponen ini adalah komponen pemrogaraman GIS yang dapat ditambahkan ke form yang ada di lingkungan pengembangan aplikasi seperti Delphi, Ms Visual Basic 6.0, Ms Visual Studio .Net serta lingkungan pengembangan aplikasi lain yang support ActiveX. Komponen ini menurut pandangan penulis di beberapa fungsi yang disediakan lebih baik jika dibandingkan dengan MapObject. Tutorial ini akan membahas bagaimana mengimplementasikan MapWindowGIS di .Net dengan menggunakan bahasa/sintaks CSharp. Software yang dibutuhkan untuk membuat aplikasi ini yaitu MapWindowsGIS dan Microsoft Visual Studio .Net 2005.

Membuat Aplikasi GIS dengan MapWindowGIS di .Net

  • Unduh versi terbaru komponen MapWindowGIS yang akan kita gunakan. Untuk mengunduhnya kita dapat mengakses ke alamat berikut :http://www.mapwindow.org/download.php?file_name=http://svn.mapwindow.org/svnroot/InstallationProjects/4.7/Release/MapWinGIS47RC-x86-Setup.exe&show_details=2&dl=1
  • Setelah sukses mengunduhnya maka langkah selanjutnya adalah meng-install ActiveX tersebut ke komputer kita.
    Tutorial Implementasi MapWindowsGIS di VB.Net 2005 Menggunakan Bahasa C#-1
  • Setelah selesai langkah selanjutnya adalah menambahkan referensi komponen MapWindowGIS pada aplikasi yang akan kita buat.Berikut adalah langkah-langkahnya :
    1. Buat project baru di Visual Studio .Net 2005 dengan menggunakan ‘Windows Application’
    2. Setelah itu klik kanan pada ‘Toolbox Area’ lalu pilih ‘Choose Items …’
    3. Pada jendela ‘Choose Toolbox Items’ plih tab ‘COM Components’ kemudian pilih atau cari komponen ‘Map Control’ dari MapWinGIS.
    4. Setelah melakukan ketiga langkah diatas maka di bagian ‘Toolbox’ akan muncul icon Map Controlx
    5. Setelah selesai melakukan semua langkah-langkah diatas kinilah saatnya kita mendesian tampilan jendela aplikasi kita lengkap dengan ‘Map Control’ componen dan tombol-tombol yang dibutuhkan. Sebagai bahan inspirasi gambar dibawah ini dapat dijadikan acuan .
      Tutorial Implementasi MapWindowsGIS di VB.Net 2005 Menggunakan Bahasa C#-2
    6. Setelah selasai langkah selanjutnya adalah mengisi code bagi komponen-komponen yang ada di jendela yang sudah kita rancang tadi.
    7. Pada saat jendela di load tambahkan code dibawah ini :
      Tutorial Implementasi MapWindowsGIS di VB.Net 2005 Menggunakan Bahasa C#-3Dimana loadGISData adalah sebuah subrutin yang berfungsi untuk me-load data spatial yang akan kita tampilkan
      Tutorial Implementasi MapWindowsGIS di VB.Net 2005 Menggunakan Bahasa C#-4
      Tutorial Implementasi MapWindowsGIS di VB.Net 2005 Menggunakan Bahasa C#-5
      Pada line 12 terlihat subrutin ini memanggil subruting yang lain yaitu showLabel, dimana subrutin ini berfungsi untuk menampilkan label pada peta yang akan kita tampilkan.
    8. Pada event klik tombol Zoom In tambahkan perintah berikut :
      Tutorial Implementasi MapWindowsGIS di VB.Net 2005 Menggunakan Bahasa C#-6
      Perintah pada line 1 digunakan untuk melakukan proses zoom in di peta kita.
    9. Pada even klik tombol Zoom Out tambahkan perintah berikut :Tutorial Implementasi MapWindowsGIS di VB.Net 2005 Menggunakan Bahasa C#-7Perintah pada line 1 digunakan untuk melakukan proses zoom out di peta kita.
    10. Pada even klik tombol Pan tambahkan perintah berikut :
      Tutorial Implementasi MapWindowsGIS di VB.Net 2005 Menggunakan Bahasa C#-14
      Perintah pada line 1 digunakan untuk menggeser-geser peta.
    11. Pada even klik tombol Full Extent tambahkan perintah berikut :
      Tutorial Implementasi MapWindowsGIS di VB.Net 2005 Menggunakan Bahasa C#-15
      Perintah pada line 1 digunakan untuk menampilkan peta secara utuh.
    12. Pada even klik tombol Fill Color tambahkan perintah berikut :
      Tutorial Implementasi MapWindowsGIS di VB.Net 2005 Menggunakan Bahasa C#-16
      Tutorial Implementasi MapWindowsGIS di VB.Net 2005 Menggunakan Bahasa C#-17Ketika tombol ‘Fill Color’ di klik maka yang akan terjadi adalah peta batas yang kita tampilkan akan berwarna biru dan putus-putus.
    13. Pada even klik tombol Randering tambahkan perintah berikut :
      Tutorial Implementasi MapWindowsGIS di VB.Net 2005 Menggunakan Bahasa C#-18
      Tutorial Implementasi MapWindowsGIS di VB.Net 2005 Menggunakan Bahasa C#-19Ketika tombol ini di klik maka peta akan menampilkan batas dalam 3 warna yang berbeda karen pada data atribut yang menyertai data keruangannya terdapat 3 kategori yang berbeda yaitu ‘1’,’2′ dan ‘3’.
    14. Pada even klik tombol Clear Label tambahkan perintah berikut :
      Tutorial Implementasi MapWindowsGIS di VB.Net 2005 Menggunakan Bahasa C#-20Perintah pada line 1 digunakan untuk menghilangkan label yang sebelumnya ada ketika aplikasi di panggil.
    15. Setelah melakukan langkah-langkah diatas maka aplikasi GIS yang kita buat dengan menggunakan komponen MapWindowGIS siap untuk kita compile.

Selamat Mencoba ^_^.

Nim                : 1211500077
Nama            : Linda
Kel                 : TU
Mata Kuliah    : Sistem Informasi Geografis
Gasal 2015 / 2016

Sumber : http://ilmukomputer.org/2009/04/24/pemrograman-mapwindowsgis-menggunakan-c/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *