ISB Atma Luhur Pangkalpinang

Menambahkan QGIS Plugins

Selamat siang semua, pada tutorial ini akan dijelaskan bagaimana menambahkan plugins pada QGIS. Plugins ini umumnya menambahkan item menu atau ikon untuk QGIS dan memberikan pengguna lebih banyak fungsi.

Bila menggunakan QGIS, Anda mungkin perlu men-download beberapa plugin tambahan untuk menyelesaikan tugas-tugas Anda. Ada banyak plugin yang besar yang dapat diakses melalui menu plugin.

Klik Plugins > Fetch Python Plugins …

QGIS memerlukan beberapa waktu untuk memperbarui repositori dan Anda akan dibawa ke “QGIS Python Plugin Installer”. Banyak plugin yang sudah terinstal dengan QGIS tetapi ada beberapa yang lain yang dapat sangat berguna, terutama Gdaltools. Gdaltools akan memberikan menu raster dengan beberapa teknik analisis raster termasuk raster ke vektor, vektor ke raster, menciptakan kontur dari DEM, kliping / masking, dan banyak lagi.

Klik pada tab Repositories dan klik “Add 3rd party repositories”.

Anda akan mendapatkan peringatan mengenai repositori yang tidak didukung oleh QGIS, klik OK. Ini akan memberikan Anda akses ke banyak Plugins termasuk Gdaltools. Anda akan melihat daftar repositori Anda. Sebuah repositori hanyalah sebuah lokasi URL dimana plugin disimpan dan Anda dapat mengakses dan menginstal pada sistem lokal Anda.

qgis_plugin_repositories

Klik pada tab Plugins dan di bawah Filter: cari “gdaltools”. Pastikan Anda cari “semua repositori”. Pilih GdalTools Plugin dan klik “Install Plugin”. Setelah plugin telah berhasil diinstal, tutup jendela “QGIS Python Plugin Installer”

Anda sekarang harus mengaktifkan plugin Gdaltools.

Klik Plugins > Manage Plugins…

Cari Gdaltools dan centang di sampingnya untuk mengaktifkannya. Klik OK.

Sekarang Anda akan melihat item menu Raster.

Sumber

Nama : Arifin Randy

NIM : 1211500011

Kel : TV

Mata Kuliah : Sistem Informasi Geografis (SIG)

Semester Gasal 2015/2016

One Comment to Menambahkan QGIS Plugins

  1. […] Halo semua, tutorial kali ini akan menjelaskan bagaimana menghasilkan kontur langsung dari data elevasi raster dengan menggunakan fungsi GdalTools Contour. Untuk mengetahui cara menginstal dan mengaktifkan plugin GdalTools bisa dibaca disini. […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *