ISB Atma Luhur Pangkalpinang

CARA MENGHITUNG JARAK DI PETA BERDASARKAN SKALA SECARA ONLINE

Peta yang fungsional haruslah memiliki skala perbandingan antara jarak di peta dengan jarak sebenarnya di permukaan bumi. Dalam banyak kasus, seringkali kita menemukan skala peta yang nilai

perbandingannnya tidak baku, atau tidak tersedia di penggaris skala. Anda bisa menggunakan dua tool online scale calculator yang saya tunjukkan pada postingan ini untuk mengetahui jarak sebenarnya di permukaan bumi berdasarkan skala peta.

1 mapscale

Online tool yang pertama Online Scale Calculator dari Bureu of Economic Geology. Anda cukup isi nilai skala pada form Representative Fraction, kemudian klik Calculate. Contoh hasilnya seperti gambar dibawah ini, untuk nilai perbandingan skala yang tidak baku 1:24.000.

2 utscale

Selain Scale Calculator, Bureu of Economic Geology juga menyediakan converter lainnya diantaranya konversi koordinat DMS (Degree, Minute, Second) to Decimal Degree dan sebaliknya, Degree to radians, Area convertions, Length conversions, dan Time to GPS seconds.

Online tool yang kedua, Online Scale Calculator dari Oregon State University. Sedikit berbeda dengan Scale Calculator dari Bureu of Economic Geology, disini Anda akan memperoleh nilai skala setelah Anda input nilai perbandingan antara jarak di peta dengan jarak sebenarnya di permukaan bumi.
Misalnya Anda ingin per 1 inchi pada peta Anda sama dengan 1 kilometer di permukaan bumi, maka input nilai 1 pada form Metric, kemudian pilih unit Inch(es) per kilometer dan klik Calculate. Hasilnya berupa nilai skala sesuai dengan request Anda tersebut. Lihat gambar di bawah ini.
3 osuscale

Online Scale Calculator dari Oregon State University tersebut juga memiliki converter tool untuk mengetahui suatu nilai jarak ke beberapa unit distance lainya. Selain itu juga tersedia converter dari nilai derajat suatu lereng ke nilai % (persen) [degrees of slope to % grade ] dan sebaliknya.

4 slopegrade

Semoga bermanfaat

Sumber

Nama : Miftahudin Budi Sentosa
NIM : 1211500092
Kelompok : TV
Matakuliah : Sistem Informasi Geografis (GIS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *