ISB Atma Luhur Pangkalpinang

Proses Georeferencing data raster dengan menggunakan Quantum GIS

Berikut adalah langkah-langkah dalam melakukan proses georeferencing :

Bahan : Peta Provinsi D.I. Yogyakarta hasil scanning (ADMIN.bmp)
Peta Hujan Prov. DIY hasil scanning
Peta Lereng Prov. DIY hasil scanning
Peta Tanah Prov. DIY hasil scanning

  1. Jalankan Georefencer, pada menu utama plugin ini pilihlah ikon Open raster atau klik pada File, kemudian pilih Open raster1
  2. Kemudian arahkan pada folder penyimpanan data raster (peta RBI) yang akan digeoreferencing, misal pada C:\GIS_data pilih file raster peta admin Prov. DIY hasil scan dengan nama ADMIN.bmp maka akan muncul seperti berikut.2
  3. Untuk memulai melakukan pemberian titik ikat atau Ground Control Point (GCP) pada Peta RBI tersebut, maka pilihlah pada menu Edit kemudian piliah Add point atau klik ikon yang bergambar tiga titik merah (Add point).
  4. Lakukan langkah yang sama seperti pada saat pemberian 4 titik untuk georeferencing koordinat geografis. Hanya saja angka yang dimasukkan berbeda dan kita akan menyimpan dengan membuat data raster baru.
  5. Setelah mendapatkan 4 titik kontrol maka dilakukan pengaturan untuk jenis Transformasi yang akan digunkaan yaitu pada toolbar Settings, klik Transformations Settings. Total RMS Error sebaiknya didapatkan angka yang kecil.55a
  1. Tentukan Coordinate Reference System (CRS) pada Target CRS dengan mengklik ikonnya. Pilihlah pada Geographic Coordinate System dan arahkan pada datum WGS 84. Lalu klik OK. Kemudian klik OK lagi pada Transformation settings.6
  2. Untuk melihat Total RMS Error yang diperoleh dari titik-titik control yang digunakan dapat dilihat pada jendela GCP Table.
    7a
  3. Setelah mendapat 4 titik control, penentuan jenis transformasi dan Total RMS Error yang memenuhi persyaratan, maka dilakukan proses georeferencing pada peta hasil scan tersebut dengan cara klik icon Start Georeferencing. Sampai dengan langkah ini kita sudah mendapatkan peta hasil scan yang telah bergeoreferensi UTM.
  1. Lanjutkan untuk 3 peta hasil scan lainnya yang bereferensi sistem koordinat UTM dengan langkah proses georeferencing yang sama.

Sekian dan terima kasih..
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat untuk semuanyaaaaa… 😎 😆

Nama            : Herianto
NIM               : 1211500040
Kelompok    : TT
Mata Kuliah : Sistem Infomasi Geografis

source : Buku yang berjudul “Pengelolaan Informasi Geospasial Berbasis GIS Open Source Geospatial Database Management using Open Source GIS Software”
web : http://ajiputrap.blogspot.com

One Comment to Proses Georeferencing data raster dengan menggunakan Quantum GIS

  1. Anthony chiputra berkata:

    Mantap berooo. Tangkyou. Tugas saya jadi lebih mudah karena kakak!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *