ISB Atma Luhur Pangkalpinang

Cara Membuat Label yang Bervariasi pada ArcGIS

Menampilkan Luas suatu area dengan satuanya dalam bentuk Ha dengan ketelitian 1 angka di belakang koma atau buat label pada fitur garis (jalan) dengan panjang meter atau menampilkan 2 label yang berbeda dalam 1 fitur objek. Mungkin itu beberapa kalimat yang muncul ketika atasan meminta kita untuk menampilkan label di peta yang kita buat atau ingin membuat orang lebih mudah membaca dan memahami peta yang kita buat.

Software ArcGIS masih punya basis VB untuk membuat beberapa script ketika ingin menambahkan atau membuat Expression, variasi label, atau yang lain. Caranya masuk ke fitur propertis, label, klik expression tuliskan script seperti contoh dibawah ini;

Variasi Label

Versi Panjang

Versi Simpel

Versi Simpel

 

Seperti contoh diatas ini sebelah atas versi panjang penulisan script dan sebelah bawah versi simplenya. Karena skrinsut saya kurang jelas (hehehe), ini versi tulisan jelasnya:

[FEATID]&vbnewline&round([Shape_Area] / 10000,1)&”Ha”

Keterangan:

[FEATID] dan [Shape_Area] : Field yang akan ditampilkan pada fitur (luas area)

&vbnewline&round : fungsi script dari VB yang berguna untuk menampilkan 2 lebih label yang berbeda

10000 : Faktor pembagi luas, karena dalam ArcGIS yang default muncul ketika calculate geometry atau memakai geodatabase memakai satuan meter persegi. Untuk itu jika ingin menampilkan luas dalam satuan Ha maka dibagi 10000.

Angka 1 : Tingkat ketelitian yang akan dipakai di belakang koma, jika ditulis 2 maka yang muncul di belakang koma 2 angka, begitu seterusnya.

Ha : itu satuan untuk menjelaskan angka, formatnya text, untuk itu harus diberi tanda petik. Seperti halnya ketika field calculator untuk mengisi kolom dengan format text.

Variasi Label

Variasi Label

Contoh lain misalkan untuk jalan:

[Jalan]&vbnewline&round([Shape_Length]/1000,1)&”Km”&”/”&”Jam”

*shape_length bisa diganti dengan “Panjang” jika field atributnya dinamai dengan “ Panjang”. Untuk lebih menarik dan lebih advance lagi anda bisa mencobanya sendiri, dan jika berkenan bisa berbagi ilmu disini.

Yah inilah tulisan cara membuat variasi label di arcgis, jika ada masalah lebih lanjut silahkan hubungi +62 8562561666 karena disini saya juga masih belajar

sumber: klik

Nama: Ahmad haidar Baaqir

NIM: 1211500044

Kel: TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *