ISB Atma Luhur Pangkalpinang

Pengenalan MapInfo

Ok,,ketemu lagi ni sama saya,pada postingan saya kali ini,saya akan membahas sedikit tentang MapInfo,,yang mau tau tentang MapInfo,,ayo..mari…dibaca postingan saya kali ini 😀

MapInfo adalah salah satu perangkat lunak (software) yang digunakan sebagai sarana untuk menampilkan atau pengimplementasian sistem informasi geografik. Kelebihan perangkat lunak Mapinfo tersebut adalah karena fasilitas yang diberikan cukup mudah untuk dioperasikan dan cukup lengkap untuk keperluan pengembangan sistem informasi geografik.

Kemudahan lain, perangkat ini tidak memerlukan dukungan hardware yang terlalu rumit. Sehingga hampir semua personal computer (PC) dapat digunakan untuk mengoperasikan software tersebut. Selain itu dengan sudah tersedianya menu-menu pada windows, maka pengguna tidak perlu menghafalkan perintah-perintah panjang. Melainkan dapat langsung memberi perintah melalui menu utama maupun icon yang sudah tersedia

MapInfo Profesional merupakan sebuah perangkat lunak yang didesain untuk aplikasi di bidang pemetaan (mapping). MapInfo banyak diminati oleh pengguna GIS karena mempunyai karakteristik yang menarik, yaitu mudah digunakan, harga yang relatif murah, tampilan yang interaktif dan menarik, user friendly, dan dapat di costumized menggunakan bahasa skrip yang dimiliki. MapInfo Profesional juga menyertakan beberapa sarana yang dapat anda gunakan,diantaranya

a. Local dan Remote Akses Data : dapat mengakses dan mengelola database yang bertuliskan dalam format selain MapInfo.

b. Geocoding : dapat melakukan eocoding terhadap alamat jalan, kode pos, dan fitur lainnya

c. Editing dan Creating Map : melakukan proses digitasi peta vector, megedit hasil digitasi

dan menampilkan data raster citra.

d. Visualisasi Data : memanipulasi tampilan hingga lebih menarik dan sesuai dengan keinginan pengguna dengan menyediakan fungsi Zoom in, zoom out, zoom extend, shading dan tampilan grafik.

e. Kemampuan Analisa : mendapatkan informasi dari objek yang dipilih, membuat zone buffer suatu objek, memungkinkan operasi overlay polygon, penggunaan operator-operator query database relasional, penggunaan fungsi-fungsi statistic, manajemen database, dan kemampuan analisa lainnya.

f. Otomasi OLE : memungkinkan untuk mendapatkan output MapInfo kedalam aplikasi lain dan kemampuan mengaktifkan MapInfo dari aplikasi lainnya.

g. Koneksi ke Internet : aplikasi yang dibuat dengan MapInfo pada saat ini telah dapat ditampilkan dan diakses melalui jarigan Internet.

Format Tampilan MapInfo

Konsep Desktop Mapping yang dimilik oleh MapInfo memungkinkan untuk menampilkan data dalam 3 format, yaitu :

  • Mappers, yaitu penyajian informasi data grafis dalam bentuk konvensional hasil dijitasi, sehingga memungkinkan untuk memvisualisasikan pola geografik dari data.
  • Browser, yaitu penyajian informasi dalam bentuk daftar-daftar tabular (seperti pada basisdata konvensional) atau tabel-tabel. Memungkinkan untuk melakukan pemeriksaan data secara manual maupun otomatis secara penuh.
  • Graphers, yaitu penyajian informasi dalam bentuk grafik atau histogram sesuai dengan data pada browser. Penyajian grafik tersebut biasanya secara terpisah maupun bersama-sama dengan tampilan mappers. Memungkinkan untuk menampilkan grafik atau histogram pada peta maupun statistiknya.
  • Layout Windows, yaitu windows yang digunakan untuk menset peta yang akan dicetak.

File Yang Menyusun Map Info

Pada Map Info dikenel 5 nama file utama untuk kebutuhan penyimpan data model vektor yang masing-masingnya saling berasosiasi dan merupakan elemen dari satu set File Map Info. Kelima type File Utama yang membangun set Data Map Info untuk model data vector adalah :

  1. File DAT (*.DAT), yaitu file penyimpan data tabular (non spatial)
  2. File ID (*.ID), yaitu file indeks sebagai kunci penghubung (kunci Topologi) antara struktur grafik dan struktur tabular.
  3. File IND (*.IND), yaitu file indeks dari data tabular yang berguna untuk menemukan dan menjelajah suatu data yang ada di dalam File Map Info.
  4. File MAP (*.MAP) yaitu file penyimpan struktur data grafik (objek Geografis).
  5. File TAB (*.TAB) yaitu file utama Map Info yang berfungsi untuk pembuka satu set File map Info (File DAT,MAP,ID dan IND). Tanpa File TAB ini maka satu set File MapInfo tidak dapat dijalankan pada software MapInfo.

Satu set File MapInfo menyimpan satu jenis data.Apabila data yang disimpan adalah layer peta (struktur grafik), maka set file tersebut minimal mengandung elemen file TAB, MAP, DAT dan ID. Selanjutnya jika data yang disimpan hanya data tabular (non spatial) maka set file tersebut minimal mengandung elemen file TAB,DAT dan ID. Kemudian ada dua lagi file MapInfo yang perlu dikenali :

  1. File WOR/Workspace (*.WOR) yaitu File yang berfungsi menyimpan sekumpulan kerja menajemen data yang dilakukan pada MapInfo.
  2. File MBX (*.MBX) yaitu program terapan yang dibangun dengan bahasa MapBasic.

Struktur Data Pada MapInfo

Sebagaimana diketahui bahwa struktur data geografis model vector terdiri dari titik (point), garis (line) dan area. Ketiga macam struktur grafik ini oleh MapInfo dapat diberikan dalam berbagai rupa (feature) yang terdiri dari (ljhat gambar di bawah):

  1. Titik (point) atau symbol (label 1)
  2. Garis, yaitu segmen garis (line), garis lengkung (arc) dan polyline (label 2,3,4,5,6,7 dan 8)
  3. Area yaitu region rectangle, rounded rectangle dan elipse (label 10,11 dan 12).

Sumber :

Nama               : Risna

NIM                  : 1211500042

Kel                    : TV

Mata Kuliah    :Geografic Informasi System

Semester Gasal tahun ajaran 2015/2016

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *