STMIK Atma Luhur Pangkalpinang

CARA MEMBUAT WEBGIS DENGAN CARTODB

Selamat sore agan-agan sekalian di sore yang mendung ini saya sempatkan diri utuk memposting , nah postingan ini merupakn lanjutan dari postingan saya minggu lalu membuat peta situ dengan MapBox, nah tulisan kali ini saya akan membahas tentang cara membuat webgis yang mudah untuk di pelajari . ada banyak seklai situs yang menyediakan pembuat map tapi saya tertaik dangan situs ini karna menunya yang userFrinedly dan fiturnya terbilang sangaat lengkap selain itu situs ini memberikan kemudahan yang cukup banyak sakali .udah pada penasaran oke kita langsung TKP

1. Tahap pertama selalu diawali dengan registrasi terlebih dahulu. Silahkan pilih Try it Free, lalu dilanjutkan dengan pengisian formulir registrasi.

cartodb2. Sesudahnya, anda akan dibawa otomatis menuju halaman Dashboard. Silahkan pilih New Table untuk uploading data vektor peta.

upload3. Beberapa format yang disupport antara lain ; shp yang telah diekstrak menjadi *.zip, *.kml, *.gpx, *.xls dan *.csv. Lalu silahkan Select file.

start4. Data vektor yang telah tampil (pada versi menu mapview bagian atas) dapat disesuaikan lagi seperti mengganti fill colour, basemap, label, infowindow, sql, grafik diagram, dsb.

properties (1)5. Setelah sesuai, pilih menu Visualize bagian kanan atas untuk melihat preview hasil akhir. Isi nama project tadi lalu klik Create Visualization.

save6. Terakhir silahkan Share. Klik menu pojok kanan atas dan pilih metode sharing yang diminati. Studi kasus ini saya menggunakan metode Embed Code.

sharesemoga berhasil kalu gagal coba lagi

by JOKO SUPRIYANTO/1211500105/TV/SIG/Gasal 2015/2016

source:  amatiran.com

logo311

 

 

8598 Total Views 3 Views Today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five × 4 =