ISB Atma Luhur Pangkalpinang

Cara koneksi Flashdisk ke Android dengan USB OTG

Bagaimana cara memasang flashdisk ke Android sehingga smartphone kamu yang canggih itu bisa membaca isi dari sebuah Flashdisk? Caranya sungguh mudah. Pada artikel kali ini saya akan menyajikan tips tersebut secara detail kepada pembaca setia Aplikanologi.Mari kita simak.   Bentuk USB OTG adalah seperti ini:

cara-koneksi-flashdisk-ke-android-usb-otg-1

cara-koneksi-flashdisk-ke-android-usb-otg-3

Pertimbangannya adalah merk tersebut sudah include flashdisk mungil, dan tanpa kabel apapun, jadi lebih efisien dan simple. Namun perlu di ingat bahwa tidak semua device Android compatible dengan USB OTG, itu tergantung dengan kernel yang terpasang pada Android kamu. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba. Seperti pepatah mengatakan:

“You never know if you never try”.

Yang artinya: Kebersihan adalah Sebagian dari Iman. Eh bukan ding.. :| Pada praktek kali ini, saya menggunakan device Nexus 5. Hal yang saya lakukan pertama kali untuk mengkoneksikan flashdisk ke Android adalah melakukan proses Root. Kalau Android kamu belum di-Root, kamu bisa membaca artikel Aplikanologi sebelumnya mengenai: Cara nge-Root LG Nexus 5 Android Kitkat atau artikel Rooting Android Tanpa PC Untuk Berbagai Jenis Device. Sebenarnya agar Android dapat membaca Flashdik pada Nexus 5 nggak di Root juga bisa, tapi akan saja jelaskan di akhir halaman ini. Saya memilih proses Root karena smartphone saya udah terlanjur di Root, dan saya rasa dengan di Root saya akan lebih bebas memanipulasi semua hal yang ada dalam device Android. Pokoknya banyak untungnya deh. Saya nggak pernah khawatir kalau garansi hangus gara-gara di Root, kan nanti bisa di un-Root, iya tho? Nah, setelah Android kamu udah di Root, kamu bisa install aplikasi Android yang bernama StickMount. Aplikasi Stickmount ini akan secara otomatis melakukan mount dan dismount pada USB stick / Flashdisk pada berbagai perangkat seperti Galaxy Nexus, Nexus 7 dan Nexus 10 (Nexus 4 tidak di dukung) dan beberapa seri Android lainnya seperti HTC, SONY dan LG, namun saya tidak bisa memastikan apakah akan bekerja atau tidak karena saya tidak bisa mencoba nya satu-satu pada seri smartphone lainnya. Setelah StickMount selesai di install, silahkan tancapkan USB OTG kamu ke smartphone Android tersebut. Tadaaaaa… Kamu akan menemukan folder baru bernama usbStorage pada Explorer atau File Manager Android kamu yang merupakan isi dari Flashdisk kamu. Flashdisk kamu akan di mounted pada folder “/sdcard/usbStorage/xxxx/” Selesai.

sumber : www.aplikanologi.com/

aditiya duwi permana_1322510018_rekayasa web

3 Comments to Cara koneksi Flashdisk ke Android dengan USB OTG

  1. dolieindra berkata:

    Pertamax

  2. nicko berkata:

    mantapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *