ISB Atma Luhur Pangkalpinang

Anonymous Browsing Menggunakan Web Proxy

Halo kawan, anda yang sering surfing / berseluncur secara anonymous mungkin sudah tak asing lagi dengan istilah proxy, web proxy maupun proxy server. Proxy bisa diibaratkan sebagai perantara yang menghubungkan seorang user dengan internet dimana data yang terkirim menjadi rahasia antara proxy server dengan user. Kali ini kita tidak akan membahas mengenai definisi proxy, bahasan kita kali ini adalah anonymous browsing menggunakan web proxy dari free proxy list yang sudah kita dapatkan di bahasan sebelumnya ( baca : cara mudah menemukan web proxy aktif , free proxy list desember 2014 ). Proxy seperti apa yang memungkinkan untuk anonymous surfing ? mari kita menuju ke bahasan utama.
 

 

Anonymous Surfing Menggunakan Web Proxy

Surfing secara anonymous menggunakan proxy sebetulnya tidaklah terlalu sulit, hanya saja yang biasanya menjadi kendala adalah usia proxy tersebut serta ‘masa aktif’-nya. Sebuah web proxy atau proxy server tidak mungkin digunakan untuk selamanya, bahkan untuk proxy yang berbayar pun memiliki jangka waktu tertentu. Hal tersebut biasanya karena alasan keamanan atau sekuritas.

Membedakan Level Proxy

Untuk surfing secara anonymous, kita harus tahu terlebih dahulu mengenai level proxy yang kita gunakan. Mengetahui level proxy sangatlah mudah dilakukan karena banyak tersedia aplikasi / program pengelola proxy yang dapat melakukan pengelolaan proxy dengan mudah. Level proxy menurut tingkatan anonymity.
  1. Level 1 : High Anonymity Proxy atau Elite Proxy
  2. Level 2 : Anonymous Proxy atau Medium Proxy
  3. Level 3 : Transparent Proxy atau Low Level Proxy
Sesuai tujuan kita, yang kita perlukan untuk browsing / surfing secara anonymous adalah proxy level 1 atau paling tidak level 2.

Cara mengetahui Level dan Kecepatan Proxy

Pada bahasan sebelumnya, kita sudah membahas mengenai EPS (Elite Proxy Switcher) sebagai program pengelola proxy. Kita bisa melihat level proxy serta kecepatan proxy dari proxy list yang sudah kita dapatkan pada bahasan yang lalu (jika belum memiliki proxy list atau daftar proxy, baca : cara mudah menemukan web proxy aktif atau anda bisa browsing dan mengakses website penyedia proxy gratis). Untuk mengetahui level proxy dari proxy list yang sudah tersedia, berikut ini langkah-langkahnya.
1
  1. Buka / jalankan EPS (Elite Proxy Switcher)
  2. Klik ikon “Load proxy list” dan arahkan menuju file proxy list.
  3. EPS akan melakukan test terhadap daftar proxy yang dimuat dan melakukan penyaringan terhadap proxy aktif atau inaktif serta mengelompokkan berdasarkan level dan kecepatan.
  4. Klik pada tab “Level” dan proxy list secara otomatis akan tersortir berdasarkan levelnya.
  5. Klik ganda pada salah satu proxy dan secara otomatis setting proxy di sistem anda akan menggunakan proxy tersebut.
  6. Anda bisa menggunakan beberapa proxy secara otomatis untuk setiap interval waktu tertentu, caranya lihat bahasan mengenai cara setting proxy secara otomatis menggunakan EPS.

Penggunaan Web Proxy dan Resikonya.

Apapun itu, web proxy, proxy server, atau proxy provider adalah pihak ketiga yang menjadi perantara lalu lintas data digital anda. Penggunaan proxy secara asal-asalan bagaimanapun memiliki resiko yang tidak pernah kita bayangkan. Pengguna web proxy ataupun proxy server tertarik dengan fitur anonymous dimana alamat IP pengguna dapat tersamarkan. Dibalik itu, terdapat resiko yang mungkin saja terjadi dan tak pernah kita sadari.
Apa yang terjadi saat kita menggunakan sebuah proxy server atau web proxy ?. Sebagai contoh, kita hendak mengirim e-mail yang berisi sebuah lampiran. Saat kita menekan tombol “kirim” sebuah paket data yang berupa konten e-mail beserta lampirannya akan melalui proxy server sebelum sampai ke tujuan, dimana data yang tidak terenkripsi dapa terbaca denga jelas oleh pihak proxy server. Perlu diingat, kita tidak pernah tahu siapa pemilik proxy server tersebut. Apakah perusahaan pengelola keamanan internet, hacker, pihak pengintai atau bahkan penjahat cyber. Terkecuali anda memakai layanan terpercaya, semua perkara dapat dipertanggungjawabkan dengan jelas.
Saran saya, penggunaan proxy gratis atau free proxy hendaknya dipakai untuk melakukan surfing atau browsing semata. Jika kita berkirim e-mail dengan attachment yang bersifat privat, login ke sebuah layanan penting seperti perbankan, akun yang bersifat finansial atau hal-hal lain yang memiliki privasi penting, jangan pernah menggunakan proxy kecuali dari layanan dengan sertifikat terpercaya dan jelas badan hukumnya.

Sumber by: silahkan kunjungi web ini

Baca juga Artikel lainnya: Install OS Blackberry

One Comment to Anonymous Browsing Menggunakan Web Proxy

  1. […] Baca juga artikel lainnya: Anonymous Browsing Menggunakan Web Proxy […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *