ISB Atma Luhur Pangkalpinang

Cara Mempercepat dan Meringkankan Loading Blog

Kecepatan Loading Page Blog tentunya sangat penting karena di Zaman yang serba cepat ini, pengguna Internetpun juga mengharapakan sesuatu yang cepat, tidak lemot. Kita semua  pun mungkin juga berpendapat sama. Jika anda pernah menemui Blog / Website yang Loading Pagenya sangat lama mungkin muncul keluhan di Benak “Ihh, lama banget sih”, atau bahkan temen – temen Blogger langsung menutub tab browser dan mencari Informasi di Website / Blog lain.

Untuk itu Kecepatan Loading Page Blog sangatlah penting. Berikut saya akan bagikan 7 Cara Mempercepat dan Meringankan Loading Blog :

  1. Gunakanlah Template Blog Yang Simple.
    Maksudnya adalah, jika Temen – temen Blogger ingin Mempercepat atau Meringankan Loading Blog, gunakanlah Template Blog yang Simple, tidak terlalu banyak Variasi yang menggunakan Gambar, atau Animasi dan Dekorasi lainnya, Mungkin memang terlihat Bagus dan Menarik tetapi Temen – temen Blogger juga tidak bisa mengabaikan Kecepatan Loading Page Nantinya. Semakin banyak Variasi yang menggunakan Gambar, Animasi, atau Dekorasi lainnya maka semakin lama pula waktu yang dibutuhkan untuk Memuat Halaman Blog Temen – temen Blogger.
  2. Perhatikan Jumlah Postingan Per Halaman.
    Yang Temen – temen Blogger harus perhatikan selanjutnya adalah Jumlah Postingan yang Muncul Per Halaman. Misalnya Jika pengunjung mengunjungi Halaman Utama Blog Temen – temen Blogger dan di Halaman itu muncul sangat banyak sekali Postingan tentunya bisa Temen – temen Blogger bayangkan sendiri Lamanya Loading Page Halaman tersebut.Untuk itu tampilkan Postingan per halaman dengan jumlah yang normal, 3,4,5 Postingan per halaman sudah cukup. Atau untuk mempermudah navigasi pengunjung dalam menjelajahi Blog Temen – temen Blogger, Temen – temen Blogger bisa menambahkan Tombol Navigasi Angka, Atau saya sarankan juga dengan menambahkan Read More untuk memperpendek Teks dan Gambar yang muncul di Halaman Utama.
  3. Format Gambar dan Ukurannya.
    Perhatikan format Gambar yang Temen – temen Blogger gunakan. Kompres gambar yang akan digunakan “Sekecil mungkin”. Upload gambar Temen – temen Blogger di Picasa (tempat Upload yang Blogger sarankan). Jika Temen – temen Blogger hosting di tempat lain, mungkin akan agak lama memuatnya. Kurangi penggunaan gambar .gif (Biasanya gambar yang bergerak) karena ukurannya biasanya akan lebih besar dari gambar .jpg sewajarnya.
  4. Jumlah Widget HTML.
    Jumlah Widget HTML memang bisa membuat Blog Temen – temen Blogger lebih Atraktif dan Menarik namun sekali lagi jangan terlalu Over. Pasang widget HTML yang perlu saja, yang berguna saja. Juga letakkan widget HTML di bagian Bawah Prioritaskan Content yang lebih penting.
  5. Hindari Template yang Menggunakan Flash.
    Kenapa? tentunya jika Temen – temen Blogger memilih template yang menggunakan Flash, misalnya Slider Foto yang menggunakan Flash dsb. Tentunya itu akan mengurangi Kecepatan Loading Page Blog Temen – temen Blogger. Jika Temen – temen Blogger masih ingin Mempercepat dan Meringankan Loading Blog, cobalah menghindari penggunaan Template yang mengandung Flash.
  6. Gunakan Single CSS.
    Cobalah juga untuk menggunakan Single CSS, sangat banyak sekali Template Blog yang menggunakan Multiple CSS untuk mempercantik tampilan. Cobalah untuk menyatukan semua CSS menjadi satu File CSS itu akan menambah Kecepatan Loading Blog Temen – temen Blogger.
  7. Jangan Lebay Memasang Iklan.
    Tentunya sudah tidak asing lagi bagi Temen – temen Blogger, bisa Temen – temen Blogger lihat sendiri sekarang banyak sekali Blog yang Iklannya Buanyak banget, di atas ada di kanan ada di kiri ada di bawah ada di tengah ada bahkan ada yang terbang – terbang. Haloooooooooo… Okelah kita Blogging ada yang untuk cari uang tapi ya kenyamanan pengunjung harus dijaga. dan yang paling utama, Saya yakin Blog yang Buanyak Banget iklannya itu Butuh waktu berkali – lipat lebih lama dari Blog yang sewajarnya.

Kesimpulan…
Semua hal di Dunia ini memang tidak boleh berlebihan. Misalnya, Air memang sangat diperlukan, Tetapi jika berlebihan juga jadi Bencana Banjir yang merugikan. Begitu juga dengan Penggunaan Widget HTML, Variasi, Gambar, Dekorasi dsb. di Blog, Gunakan seperlunya Sehingga Blog Temen – temen Blogger mempunyai Kecepatan Loading Page yang wajar, Tidak Lemot

 Nim :1422520083
Nama : Triyanto
Kelompok : SD
Matakuliah : Rekayasa Web

Sumber : https://www.facebook.com/cybernetcorporation/

15 Comments to Cara Mempercepat dan Meringkankan Loading Blog

  1. lia berkata:

    Mantap

  2. dewi berkata:

    siipppp

  3. kirana berkata:

    Oke

  4. joko berkata:

    izin share

  5. echa berkata:

    izin nyimak

  6. puji berkata:

    izin baca

  7. Fariz Zahari berkata:

    Mantap,..izin unduh gan ..

  8. asep berkata:

    mantap

  9. denneri berkata:

    Izin sedot gan

  10. Bambang Yunono berkata:

    izin share gan…thanks

  11. Ali Khadafi berkata:

    izin share gan…thanks

  12. Amir Masturi berkata:

    mantap infonya gan…izin copas

  13. jamal berkata:

    mantap gan

  14. andi berkata:

    Izin Share

  15. abdulllah berkata:

    tutorial yang menarik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *