ISB Atma Luhur Pangkalpinang

Tips Cara Mengatasi Android Restart Sendiri

By : Ririani   Nim : 1322500107

CARA MENGATASI ANDROID RESTART SENDIRI

Android saat ini benar-benar merajai pangsa pasar gadget dunia. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya vendor lokal maupun global yang menggunakan sistem operasi opensource tersebut. Selain itu, dukungan lebih dari 1,4 juta aplikasi yang ada di Google Play Store membuat Android menjadi raksasa teknologi berbasis mobile yang paling diminatiNamun begitu, kehadiran OS ini bukan tanpa cacat. Masih ada beberapa kendala yang sering dialami oleh user ketika melakukan eksekusi. Salahsatu kendala yang paling sering timbul adalah terjadinya restart sendiri (reboot automatically). Penyebabnya cukup beragam, diantaranya yang dominan adalah infeksi virus, problem aplikasi, pengaturan ponsel yang salah, ponsel yang tidak sesuai dengan versi OS dan kerusakan pada OS. Jika salahsatu gadget Android milik Anda mengalami hal tersebut, beberapa cara di bawah ini mungkin dapat mengatasinya.

android

Langkah – langkah Cara Mengatasi Android Restart Sendiri yaitu  :

1. Restart Perangkat :Salah satu faktor lainnya yang menyebabkan Android Anda melakukan restart secara otomatis adalah karena suhu perangkat yang panas atau ada kesalahan dalam tata sistem dalam membaca program. Untuk mengatasi hal-hal sederhana seperti itu, Anda dapat melakukan restart dengan cara mematikan secara total Android Anda lalu kembali menghidupkannya.

2. Periksa Pengaturan dan Perbaharui Sistem : Masalah restart sendiri pada Android juga dapat terjadi karena sistem yang sudah usang sehingga banyak bug yang membuat perangkat tidak berfungsi dengan baik. Untuk mengatasinya, Anda dapat masuk ke bagian Settings > System. Setelah itu periksa update terbaru dari sistem dengan menyentuh “System Updates” > Check Now.

3. Melakukan Pembaharuan Aplikasi : Terkadang virus dan masalah lainnya muncul dari aplikasi yang Anda unduh dan install. Oleh sebab itu, wajib bagi setiap pengguna Android untuk memeriksa ketersediaan update pada aplikasi yang ada. Anda bisa memulainya dengn masuk ke Google Play Store > pilih aplikasi Anda. Jika pada kolom aplikasi tersebut terdapat pemberitahuan untuk mengunduh versi terbaru, maka tekan tombol “update”.

4. Periksa Memori Internal : Faktor lainnya yang mungkin dapat menyebabkan Android restart sendiri adalah penuhnya ruang penyimpanan internal. Oleh sebab itu, periksalah kuota memori ROM Anda. Jika terlihat sudah penuh sesak, maka hapuslah aplikasi yang tidak Anda butuhkan. Biasanya masalah memori internal dapat terjadi ketika ruang penyimpanan hanya tersisa 10 persen saja. Selain itu, Anda juga harus menghapus aplikasi-aplikasi yang terlihat aneh, tidak pernah Anda install dan diprediksi sebagai sarang virus. Namun begitu, jangan lupa untuk mengaktifkan antivirus terlebih dahulu.

5. Menghapus data Sementara : Biasanya data sementara tersimpan untuk memudahkan pengguna kembali melihat data tersebut. Namun di sisi lain, data sementara atau chace tersebut memberatkan kinerja Android. Oleh sebab itu, cobalah untuk rajin mengapus chace dengan cara masuk ke menu Settings > Storage > Chace data > hapus semua data chace dengan menekan tombol OK.

Jika 5 cara mengatasi android restart sendiri di atas masih tidak dapat membantu, sebaiknya Anda mulai mendatangi ahli reparasi gadget untuk menyelesaikannya. Bisa saja masalah terjadi pada perangkat keras atau pada bagian dapur pacu.

SUMBER : http://monthlytech.com/cara-mengatasi-android-sering-restart-sendiri/

3 Comments to Tips Cara Mengatasi Android Restart Sendiri

  1. Bima X berkata:

    Mau tanya dong kakak
    Bukannya jika memperbaharui sistem ataupun aplikasi bisa menambah beban kerja ram, sehingga membuat smartphone semakin lambat??
    Ini menimbulkan masalah baru dong??
    Mohon penjelasannya kakak

  2. maryono berkata:

    good information

  3. Tomi berkata:

    tuh ada orang bertanya di jawab dong :v :v :v :v

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *