ISB Atma Luhur Pangkalpinang

Download dan Langkah-langkah Install aplikasi Quantum GIS

gisYow, kawan. Berikut saya akan membahas mengenai salah satu aplikasi Geografical Information System (GIS ), yaitu Quantum GIS atau disingkat QGIS. Yah, seperti kebanyakan aplikasi GIS aplikasi ini digunakan untuk merancang sebuah map/peta. Quantum gis hadir dengan tiga paket yaitu paket dekstop, paket server, dan paket client. Bagi teman-teman yang sedang menyusun skripsi atau tertari membuat aplikasi yang berhubungan dengan fungsi pemetaan atau GIS, Quantum Gis merupakan salah satu solusi terbaik bagi anda terutama yang suka dengan aplikasi non berbayar, karna aplikasi ini graris. Jadi yah, anda tidak perlu repot mencari Crack atau keygen untuk registrasi, hehehehehe,,,,,
Nah, Sedikit keunggulan dari aplikasi ini, selain gratis aplikasi ini memiliki kemampuan untuk bekerjasama dengan paket aplikasi komersil terkait. QGIS menyediakan semua fungsionalitas dan fitur-fitur yang dibutuhkan oleh pengguna GISs pada umumnya. Menggunakan plugins dan fitur inti (core features) dimungkinkan untuk menvisualisasi (meragakan) pemetaan (maps) untuk kemudian diedit dan dicetak sebagai sebuah peta yang lengkap. Bagi temen – temen yang tertarik bisa download langsung aplikasi ini di link berikut.
Oke, kita lanjut ke langkah – langkah dalam menginstall Quantum GIS
Setelah anda berhasil mendownload, buka file .exe tersebut dengan cara double click 2x, atau klik kanan open, sehingga akan tampil jendela seperti dibawah ini.
awal instal

  • Klik Next lalu pilih I Agree
  • Tentukan direktori instalasi lalu klik Next

lanjut 1

lanjut 2

  • Kemudian klik Instal, Anda juga bisa langsung sekaligus download data set apabila Anda terkoneksi dengan internet . Bilan tidak mau, maka anda bisa hilangkan centang, lalu klik Install.

langkah 3

langka 4

  • Apabila telah selesai dan proses telah lengkap, maka akan muncul opsi Finish
    Jika proses instalasi selesai, silahkan jalankan Quantum GIS dengan memilih Start > All
  • Programs > Quantum GIS Lisboa> Quantum GIS Desktop (1.8.0)
  • Maka tampilan awal Quantum GIS seharusnya seperti berikut

langkah 5

okeee,,,,, berarti anda telah behasil menginstal Quantum gis di komputer atau laptop anda. yupz, sekian dulu deh dari saya dan nanti bila ada kesempatan yang lain kita akan lanjutkan dengan tutorial mengenai Aplikasi ini. thaks kawan,,,,

Nama        : Dicky Rezkian pramana

Nim           : 1211500059

Kelompok : TV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *