ISB Atma Luhur Pangkalpinang

Pengelolaan Data Geografis di Linux (CentOS & Ubuntu)

GIS atau Geographical Information System adalah hal yang menarik untuk dipelajari. Kebanyakan aplikasi GIS dibuat untuk Sistem Operasi Komersial Microsoft Windows, dan pembahasan tuorialnya pun kebanyakan masih berkutat untuk sistem informasi tersebut. Di dunia Open Source aplikasi pengolah GIS cukup banyak, namun pembahasannya tetep seputar penggunaanya di Windows.

Meski masih buta dan rabun dalam dunia GIS, namun saya tertarik untuk mempelajarinya. Terutama dalam wilayah Web GIS yang menampilkan informasi GIS via Web 2.0. Tetapi sepertinya semua aspek GIS perlu dipelajari mulai dari dapur pengolahan GIS dengan aplikasi seperti Desktop GIS untuk memahami proses pengolahan GIS yang informasinya akan diterapkan ke dalam Web GIS. Sejauh yang saya tahu mengenai aplikasi GIS di Linux khususnya adalah sebagai berikut:
Quantum GIS

Quantum GIS atau QGIS adalah aplikasi desktop pengolah data GIS. Jika disepadankan aplikasi ini mirip dengan MapInfo pada Windows. Hampir semua distro linux memiliki paket QGIS pada repository-nya. Meski sering diinstall pada Fedora Box, namun saya tidak pernah serius menggeluti GIS dengan Quantum GIS karena memang kerjaan yang ditugaskan pada saya bukan barang GIS, namun setelah kebutuhan institusi bekembang utnuk menampilkan data GIS ke Web, barulah sadar bahwa ini terlewatkan jauh oleh saya selama ini.

Aplikasi ini sangat asik dan komplit fiturnya termasuk plugin-plugin bagus untuk mendigit dengan GRASS, masuk ke database PostgreSQL dan membuat data-set untuk MapServer. Kesemua plugin QGIS tersebut menggunakan Python. Kelebihan Quantum GIS adalah mampu mengolah data GIS yang dulunya dibuat dengan MapInfo dan ESRI ArcInfo ataupun ArcView (shp files). Pada GNU/Linux distribusi Fedora aplikasi ini sangat mudah dipasang dengan menggunakan yum. Hebatnya lagi aplikasi ini dapat berjalan pada GNU/Linux, Unix, Mac OS X dan Microsoft Windows.

Jika distribusi GNU/Linux yang digunakan tidak memiliki repository Quantum GIS, paket aplikasi tersebut dapat diunduh di situsnya; http://www.qgis.org/. Rilis terbaru yang tersedia adalah versi 1.7.0 denga nama kode Wroclaw.

Instalasi Quantum GIS di Fedora

Instalasi Quantum GIS di Fedora sangatlah mudah dengan menggunakan package manager. Pada Fedora, aplikasi Quantum GIS memiliki beberapa plugins sebagai berikut:

[ywandanoe@client-fc ~]$ sudo yum list qgis-*
Loaded plugins: fastestmirror, presto, refresh-packagekit
Loading mirror speeds from cached hostfile
* fedora: kambing.ui.edu
* rpmfusion-free: mirror.transact.net.au
* rpmfusion-free-updates: mirror.transact.net.au
* rpmfusion-nonfree: mirror.transact.net.au
* rpmfusion-nonfree-updates: mirror.transact.net.au
* updates: kambing.ui.edu

Available Packages
qgis.i686 1.0.2-6.fc13 fedora
qgis-devel.i686 1.0.2-6.fc13 fedora
qgis-grass.i686 1.0.2-6.fc13 fedora
qgis-python.i686 1.0.2-6.fc13 fedora
qgis-theme-classic.i686 1.0.2-6.fc13 fedora
qgis-theme-gis.i686 1.0.2-6.fc13 fedora
qgis-theme-nkids.i686 1.0.2-6.fc13 fedora
[ywandanoe@client-fc ~]$

Untuk instalasi pada Fedora cukup menjalankan perintah:

#yum install qgis-*

Sebaris perintah sederhana tersebut akan menghasilkan daftar ketergantungan terhadap paket aplikasi lain yang jumlahnya mungkin tidak akan anda duga! Sit back and relax! Itulah kehebatan Package Manager, karena segala kebutuhan dependency dapat dipecahkan langsung dalam sekali baris perintah yang pendek seperti di atas.

Pada Ubuntu, instalasi Quantum GIS dapat dilakukan dengan menggunakan Ubuntu App Center.

GRASS

GRASS GIS atau Geographic Resources Analysis Support System adalah aplikasi GIS yang bersifat Free untuk pengeloalaan dan analisa data, pemrosesan data citra satelit, pembuatan peta, modeling spasian dan visualisasi. QuantumGIS memiliki plugins yang mengubungkan Quantum GIS dan GRASS, sehingga pemakai QGIS dapat dengan mudah menggunakan GRASS di dlaam QGIS.

wxgrass-mapdisplay-0b

dengan perintah yum dan segala ketergantungan antar paket akan diselesaikan.

#yum install grass

Jika kita melakukan instalasi qgis-grass pada waktu instalasi qgis, maka GRASS akan terpasang secara otomatis.

OpenGeo Suite

OpenGeo-Suite merupakan racikan aplikasi web GIS dari Opengeo.org yang ditujukan untuk menerbitkan WebGIS atau untuk mengelola GIS sebagai GIS server yang dapat diakses oleh aplikasi-aplikasi pengolah GIS seperti MapInfo ataupun QGIS. OpenGeo ini terdiri dari beberapa aplikasi, yaitu:

  • GeoServer
  • GeoExplorer
  • GeoEditor
  • Styler
  • PostGIS
  • GeoWebCache

Semuanya dibangun bahasa pemorgraman Java dan dijalankan dengan WebServer berbasis Java Web Application macam Tomcat ataupun Jetty. OpenGeo bersifat cross platform berarti dapat diinstal di berbagai Sistem Operasi seperti Linux (CentOS 5.3 dan Ubuntu 10.04 LTS) , Mac OS X dan Microsoft Windows tentunya. Untuk dipasang sebagai Server beneran sebaiknya menggunakan CentOS 5.3 dan Ubuntu 10.04 LTS. OpenGeo menawarkan 2 pilihan untuk digunakan dalam mengelola GIS, versi Commercial Support dan Community Edition.

Instalasi OpenGeo pada Linux dilakukan dengan menggunakan repository OpenGeo Community Edition yang tersedia bagi CentOS dan Ubuntu. Pada CentOS instalasi dilakukan dengan perintah yum sedangkan pada ubuntu dengan menggunakan perintah apt-get.

Instalasi OpenGeo pada CeontOS 5.3

Entah mengapa OpenGeo pada Centos hanya dapat dilakukan dengan lancar dan berhasil pada CentOS 5.3, dibandingkan dengan CentOS 5.5, CentOS 5.6 ataupun CentOS 6. Berikut tahapan insyalasinya:

Set up repo:
Untuk 32 bit systems:

cd /etc/yum.repos.d
wget http://yum.opengeo.org/centos/5/i386/OpenGeo.repo

Untuk 64 bit systems:

cd /etc/yum.repos.d
wget http://yum.opengeo.org/centos/5/x86_64/OpenGeo.repo

Instalasi OpenGeo:

Update YUM

#yum update

Install OpenGeo

#yum install opengeo-suite

Pada saat instalasi akan diminta untuk memasukkan Username dan Password untuk GeoServer. OpenGeo ini akan memasang PostgreSQL rilis 8.4 yang digunakan untuk mengelola database GIS atau membuat layer dengan PostGIS. Oleh karena itu atur dulu user, password dan pengelolaan data database PostgreSQL pada postingan mengenai PostgreSQL sebelum menjalankan OpenGeo. OpenGeo Suite dapat diakses pada url http://localhost:8080/dashboard/ untuk local PC atau http://192.168.1.1:8080/dashboard misalnya untuk diakses pada pc lainnya.

Instalasi OpenGeo pada Ubuntu 10.04 LTS

Meskipun dapat diinstal pada rilis-rilis ubuntu terkini, namun ada baiknya untuk penggunaan server instalasi dilakukan pada Ubuntu 10.04 LTS. Isntalasi pada Ubuntu sama saja pada prinsipnya seperti pada CentOS yaitu memasang repo dan instalasi.

Memasang repo
Import OpenGeo GPG key:

wget -qO- http://apt.opengeo.org/gpg.key | apt-key add –

Tambahkan repo OpenGeo APT repository:

echo “deb http://apt.opengeo.org/ubuntu lucid main” >> /etc/apt/sources.list

Instalasi OpenGeo di Ubuntu 10.04 LTS

Meskipun dapat diinstal pada rilis-rilis ubuntu terkini, namun ada baiknya untuk penggunaan server instalasi dilakukan pada Ubuntu 10.04 LTS. Isntalasi pada Ubuntu sama saja pada prinsipnya seperti pada CentOS yaitu memasang repo dan instalasi.

Memasang repo
Import OpenGeo GPG key:

wget -qO- http://apt.opengeo.org/gpg.key | apt-key add –

Tambahkan repo OpenGeo APT repository:

echo “deb http://apt.opengeo.org/ubuntu lucid main” >> /etc/apt/sources.list

Instalasi OpenGeo di Ubuntu 10.04

Update APT:

#apt-get update

Install the OpenGeo Suite package (“opengeo-suite“):

#apt-get install opengeo-suite

Pada saat instalasi Ubuntu akan menanyakan user dan password sebagai akun root pada open geo, masukkan sesuai keperluan. OpenGeo Suite pada Ubuntu hanya dapat diakses dengan menggunakan web browser dengan url seperti di atas. Pada Mac OS X dan Windows OpenGeo memiliki aplikasi “Dashboard” tersendiri untuk mengaktifkan dan menghentikan secara manual service webgis dan database postgresql.

  • OpenGeo Suites Dashboard yang diinstall pada server CentOS 5.3 diakses pada Client Fedora 15
  • OpenGeo Suites Dashboard yang diinstall pada CentOS 5.3/Ubuntu 10.04 diakses pada Mac OS X
  • OpenGeo Suite Dashboard yang diinstall pada Mac OS X

Selain OpenGeo yang digunakan untuk mengelola dan mempublikasikan GIS dalam WEB, ada pula aplikasi MapServer yang hanya dapat digunakan untuk menampilkan WebGIS. Instalasi MapServer dapat dibaca pada Instalasi MapServer dan Chameleon pada CentOS.

Nama : erlangga satria permana

Nim: 1211500017

kel: TV

Matakuliah : Geografis Information System(TI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *